Posted by : KSR PMI Kota Samarinda Senin, 01 Desember 2014

Palang Merah Indonesia Kota Samarinda melaksanakan Orientasi Gabungan KSR-PMI se-Kota Samarinda di Pusat Latihan Tempur TNI AD Tanah Merah Samarinda. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 28 November 2014 sampai dengan 30 November 2014.
Peserta foto bersama dengan Staf Koramil Ketua PMI Kota Samarinda
beserta para Komandan KSR-PMI se-Kota Samarinda didampingi
Staf Koramil TNI AD Kec. Samarinda Utara usai acara pembukaan kegiatan
Kegiatan ini dihadiri 30 peserta dari berbagai Unit KSR-PMI yang ada dikota Samarinda. Diantaranya KSR-PMI Unit Markas mengirimkan 20 orang anggota, Unit Universitas Widyagama Mahakam Samarinda mengirimkan 8 orang anggota dan Unit Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Samarinda mengirmkan 2 orang anggota. KSR-PMI Unit Markas sendiri terdiri dari gabungan beberapa kampus yang tidak memiliki Unit KSR-PMI sendiri di setiap kampusnya diantaranya Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Propinsi Kaltim, Akademi Perawat Pemprop Kaltim, Universitas Mulawarman, dan STIMIK Widya Cipta Dharma Samarinda.

Kegiatan ini dimulai pada hari Jumat tanggal 28 November 2014 pukul 19.00 WITA dengan kegiatan pembukaan kemudian dilanjutkan pengarahan dari Staf Koramil TNI AD Kec. Samarinda Utara. Pada kegiatan ini dibuka oleh Fachrudin Noor selaku Ketua PMI Kota Samarinda.

Dihari kedua kegiatan pada tanggal 29 November 2014 diberikan materi dasar Kepalangmerahan, Organisasi PMI, Peran KSR dalam organisasi, Manajemen KSR-PMI, Saffer Access dan Code Of Conduct. Materi ini dibawakan oleh Mesdiono MS (Kepala Markas PMI Propinsi Kaltim), Dedy Setiawan (Staf Bidang Relawan PMI Kota Samarinda), dan Anto Dharsono, SH.,MH (Wakil Ketua Bidang Organisasi sekaligus Desiminator Kepalangmerahan PMI Kota Samarinda).
Selain dari materi itu peserta juga diberikan pendidikan baris-berbaris oleh 2 pelatih dari Staf Koramil TNI AD Kec. Samarinda Utara setiap pagi dan sore.
Kemudian pada hari ketiga tanggal 30 November 2014 peserta melaksanakan simulasi Saffer Access. Kegiatan ini bertujuan melatih peserta bagaimana bertindak jika suatu saat mendapat tugas di daerah konflik.

Resmi Dialntik. Peserta foto bersama dengan pelatih dari Staf Koramil TNI AD
Kec. Samarinda Utara usai acara pelantikan dan penutupan kegiatan orientasi

Dalam kegiatan ini peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan dari pemateri tentang apa itu Palang Merah, bagaimana kita seharusnya menjalankan tugas dilapangan agar tetap selalu aman dilokasi dimana kita melaksanakan tugas, Selain itu juga disampaikan bagaimana juga sikap kita ketika kita terjun di dalam masyarkat yang akan kita bantu. Bagi mereka (peserta.red) materi ini sangat menunjang mereka dikala nanti mereka ditugaskan untuk membantu kegiatan kepalangmerahan di masyarakat sekitar. Karna selama ini sebagian peserta sama sekali belum pernah turun ke masyarakat saat terjadi suatu musibah di lingkungan sekitar.

Kemudian setelah kegiatan simulasi selesai dilaksanakan, peserta dipersiapkan untuk dilantik. Peserta pada kegiatan kali ini dilantik menjadi anggota KSR-PMI oleh Drs. Decky Zulkifli, M.Si. Kegiatan pelantikan ini sekaligus menutup secara resmi Orientasi Gabungan KSR-PMI Kota Samarinda.(Putu Suriana)



Untuk Informasi Hubungi : 
Infokom KSR-PMI Unit Markas Kota Samarinda (082226553859) Putu Suriana, A.Md

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Info Anggota


Donasi Palang Merah Indonesia

Donasi Peduli Korban Banjir di Indonesia

1. Bank Mandiri, No rek. 070-00-00116017 an. Palang Merah Indonesia
2. BCA, No rek. 206.300668.8 an. Kantor Pusat PMI
3. BRI, No rek. 0390-01-000030-30-3 an. Palang Merah Indonesia

Donasi Siaga Bencana

1. Bank BCA, KCU Thamrin Jakarta, Nomor Rekening 206.300668.8, atas nama Kantor Pusat PMI. Swift Code: C E N A I D J A

2. Bank Mandiri, KCP JKT Krakatau Steel, Nomor Rekening: 070-00-0011601-7, atas nama Palang Merah Indonesia. Swift Code: B M R I I D J A

3. BRI, KC Pancoran, Jakarta, Nomor Rekening: 0390-01-000030-30-3, atas nama Palang Merah Indonesia. Swift Code: B R I N I D J A


Humas PMI +62.21.7992325
E Mail : pmi@pmi.or.id

Statistik

Flag Counter

Total Tayangan Halaman

- Copyright © KSR-PMI Kota SamarindaPowered by Blogger - ReDesigned by Putu Suriana -