Posted by : KSR PMI Kota Samarinda Jumat, 12 Desember 2014

PMI Kota Samarinda menyelenggarakan Pelatihan Perawatan Keluarga bagi relawa PMI di Aula Diklat PMI Propinsi Kalimantan Timur. Sebanyak 19 relawan PMI Kota Samarinda mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak Senin, 8 Desember 2014 hingga Jumat 12 Desember 2014.

“Tujuan pelatihan ini untuk menambah kapasitas pengetahuan relawan PMI khususnya bidang Perawatan Keluarga. Selain itu dengan pelatihan ini saya harap para relawan dapat mengaplikasikan ilmunya di keluarga dan masyarakat serta dapat menjadi fasilitator di sekolah-sekolah yang memilik unit  PMR” jelas Drs. Decky Zulkifly, M.Si, Kepala Markas PMI Kota Samarinda.

Relawan yang menjadi peserta pada kegiatan ini terdiri dari KSR-PMI Unit Markas Kota Samarinda, KSR-PMI Unit Universitas Widyagama Mahakam Samarinda, KSR-PMI Unit Institut Agama Islam Negeri Samarinda, KSR-PMI Unit Masyrakat Palaran, dan beberapa anggota TSR-PMI Kota Samarinda.

Sementara itu disela-sela pelatihan, Pelatih Perawatan Keluarga, Nurul Saufika, A.Md.Kep yang merupakan anggota KSR-PMI Kabupaten Paser mengatakan dalam proses pelatihan ini menggunakan metode bermain peran, teori dan praktek.  “Pelatihan ini saya dibantu 4 orang fasilitator laiinya diantaranya Triyani, Amd.Keb, Widya Ninda Liana, A.Md.Keb dari TSR-PMI Kota Samarinda dan Siwi Arianti beserta Rusliansyah dari Staf PMI Propinsi Kalimantan Timur. Kami lebih menekankan pada praktek agar peserta lebih mudah memahami ilmu yang diberikan.” Tambah Pelatih Perawatan Keluarga yang memegang sertifikat nasional.

Dalam pelatihan ini para peserta mendapatkan teori dan praktek Perawatan Keluarga di rumah seperti dasar-dasar Perawatan Keluarga, perawatan orang sakit, perawatan ODHA, perawatan lansia, perawatan ibu hamil dan nifas, perawatan balita dan perawatan bayi.

Perawatan yang diberikan berupa mengganti seprei tanpa pasien atau dengan pasien, memberi makan dan obat pasien, menyeka pasien, memobilisasi pasien dari tempat tidur dan menuju tempat tidur, mengukur suhu, nadi dan nafas pasien, memotong kuku tangan dan kaki, mencuci rambut pasien, membantu BAK dan BAB pasien di tempat tidur, menyikan gigi, dan mengompres pasien.(Putu Suriana)



Untuk Informasi Hubungi : 

Infokom KSR-PMI Unit Markas Kota Samarinda (082226553859) Putu Suriana, A.Md


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Info Anggota


Donasi Palang Merah Indonesia

Donasi Peduli Korban Banjir di Indonesia

1. Bank Mandiri, No rek. 070-00-00116017 an. Palang Merah Indonesia
2. BCA, No rek. 206.300668.8 an. Kantor Pusat PMI
3. BRI, No rek. 0390-01-000030-30-3 an. Palang Merah Indonesia

Donasi Siaga Bencana

1. Bank BCA, KCU Thamrin Jakarta, Nomor Rekening 206.300668.8, atas nama Kantor Pusat PMI. Swift Code: C E N A I D J A

2. Bank Mandiri, KCP JKT Krakatau Steel, Nomor Rekening: 070-00-0011601-7, atas nama Palang Merah Indonesia. Swift Code: B M R I I D J A

3. BRI, KC Pancoran, Jakarta, Nomor Rekening: 0390-01-000030-30-3, atas nama Palang Merah Indonesia. Swift Code: B R I N I D J A


Humas PMI +62.21.7992325
E Mail : pmi@pmi.or.id

Statistik

Flag Counter

Total Tayangan Halaman

- Copyright © KSR-PMI Kota SamarindaPowered by Blogger - ReDesigned by Putu Suriana -