Posted by : KSR PMI Kota Samarinda Selasa, 18 Juni 2013


Sebagai bentuk bakti kemanusiaan ke masyarakat dalam ajang Temu Karya Nasional V Relawan PMI yang akan di Selorejo, sebanyak 300 relawan Malang Raya membuat jalan rabat beton sepanjang 2.925 meter di 3 desa, yaitu Desa Purworejo, Pandansari, Sidodadi, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pembuatan jalan rabat beton ini dikarenakan adanya kebutuhan warga untuk memiliki akses jalan yang lebih baik dan mudah.
Para relawan membuat jalan rabat beton dengan masing-masing panjang jalan yaitu Desa Purworejo 700 meter, Desa Pandansari 1.300 meter, dan Desa Sidodadi 925 meter. Pembuatan jalan mulai dilakukan relawan PMI sejak April 2013 bekerjasama dengan pihak TNI dan Polri. Diperkirakan jalan tersebut akan tuntas dibuat pada Minggu, 23 Juni atau satu hari menjelang pembukaan TKNV.
Dengan dibangunnya jalan rabat beton di 3 desa ini, masyarakat diharapkan akan memiliki akses jalan yang lebih mudah dan lebih baik menuju perkebunan yang menjadi mata pencaharian mereka. Selain itu, dengan akses jalanan yang lebih baik, masyarakat diharapkan dapat terhindar dari kecelakaan di jalan.
“Kondisi jalan di Desa Purworejo, Pandansari, dan Sidodadi mengalami kerusakan, sehingga perlu diperbaiki karena merupakan akses jalur perekenomian hasil perkebunan warga,” kata Fajar Sumirat, Koordinator Bidang Karya.
Tidak hanya itu, dengan pembuatan jalan rabat beton ini, masyarakat akan memiliki jalan yang lebih baik sehingga diharapkan masyarakat dapat nyaman di jalan dan terhindar dari kecelakaan.
Dalam membuat jalan rabat beton ini, PMI bekerjasama dengan pihak pemerintah daerah setempat, terutama dalam hal pendanaan. Sementara masyarakat setempat berswadaya dengan menyediakan beberapa perlengkapan dan peralatan pembuatan jalan.
Di TKNV, para relawan yang merupakan kontingen Temu Karya akan terlibat untuk menuntaskan pembuatan jalan rabat beton sebagai bagian dari kegiatan Karya di masyarakat.
Pipanisasi Air Bersih dan Drainase
Tidak hanya jalan rabat beton, relawan PMI juga telah mulai membuat pipanisasi air bersih dan 2 bak penampungan air bagi warga di Desa Banturedjo, Kabupaten Malang sejak April lalu. Pipanisasi dan pembuatan bak penampuangan air ini untuk memberikan akses air bersih yang lebih mudah ke masyarakat.
“Kami membuat pipanisasi sepanjang 1.5 kilometer dan menempatkan 2 bak penampungan air bagi warga di atas bukit dengan ketinggian 2.000 meter. Semoga pipanisasi dan adanya bak penampungan air ini berguna, sehingga warga tidak perlu lagi tadah hujan saat tidak terjadi curah hujan,” jelas Amirul Yasin, Panitia Bidang Karya.
Dengan akses air bersih ini, diharapkan masyarakat akan dapat melakukan aktivitas MCK dan memberikan air bersih bagi ternak-ternak mereka yang menjadi aktivitas keseharian.
Bakti kemanusiaan relawan PMI juga dilakukan dengan membuat drainase sepanjang 500 meter bersama warga di Desa Ngantru. Adanya drainase yang baik menjadi kebutuhan mendesak warga setempat, dikarenakan seringnya terjadi longsor.
“Desa Ngantru rawan dengan longsor. Kalau sudah longsor, drainase sering tertimbun tanah dan terjadi pendangkalan sehingga tidak dapat mengalirkan air,” kata Fajar Sumirat.
Dengan adanya drainase dengan lebar 60 cm ini akan menjadikan penataan lingkungan menjadi lebih baik, terutama mengurangi genangan air atau banjir saat musim hujan.

Informasi lebih lanjut: Ketua Panitia TKNV Relawan PMI 2013, Muhammad Muas, Hp. 0812 802 4807 atau dr. Lilis Wijaya, Kepala Divisi Relawan Markas Pusat PMI, Hp. 0878 8181 8465. Kontak Media: Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI, Aulia Arriani, Hp. 0816 795 379.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Info Anggota


Donasi Palang Merah Indonesia

Donasi Peduli Korban Banjir di Indonesia

1. Bank Mandiri, No rek. 070-00-00116017 an. Palang Merah Indonesia
2. BCA, No rek. 206.300668.8 an. Kantor Pusat PMI
3. BRI, No rek. 0390-01-000030-30-3 an. Palang Merah Indonesia

Donasi Siaga Bencana

1. Bank BCA, KCU Thamrin Jakarta, Nomor Rekening 206.300668.8, atas nama Kantor Pusat PMI. Swift Code: C E N A I D J A

2. Bank Mandiri, KCP JKT Krakatau Steel, Nomor Rekening: 070-00-0011601-7, atas nama Palang Merah Indonesia. Swift Code: B M R I I D J A

3. BRI, KC Pancoran, Jakarta, Nomor Rekening: 0390-01-000030-30-3, atas nama Palang Merah Indonesia. Swift Code: B R I N I D J A


Humas PMI +62.21.7992325
E Mail : pmi@pmi.or.id

Statistik

Flag Counter

Total Tayangan Halaman

- Copyright © KSR-PMI Kota SamarindaPowered by Blogger - ReDesigned by Putu Suriana -