Posted by : KSR PMI Kota Samarinda Jumat, 21 Juni 2013

Untuk meningkatkan kompetensi perawat rumah sakit dalam pelayanan darah, Unit Donor Darah (UDD) Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan pelatihan pemberian transfusi darah yang aman bagi perawat rumah sakit, Selasa (18/6) hingga Kamis (20/6) di UDD Pusat PMI, Jakarta Selatan.

Pelatihan ini berawal dari konsep keberhasilan Pelayanan Darah yang sangat ditentukan oleh kondisi dan situasi terkait donor darah sebagai penyumbang darah, UDD sebagai pelaksana penyediaan darah dan rumah sakit sebagai pelaksana pemberian transfusi darah kepada pasien.

Para perawat rumah sakit berfungsi sebagai pelaksana tindakan transfusi darah di rumah sakit. Profesionalisme dari tenaga perawat sangat diperlukan terutama untuk menghindari terjadinya kesalahan reaksi transfusi yang dapat dicegah. Dari literature disebutkan bahwa transfusi darah dapat menimbulkan reaksi pada sekitar 10% dari penerima transfusi. Oleh karenanya perawat sangat memerlukan pelatihan pemberian transfusi darah agar kompetensinya sebagai salah satu tenaga pelayanan transfusi darah di RS dapat terpenuhi.

Pelatihan ini diikuti oleh 34 orang peserta yang berasal dari wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta hingga Sulawesi Tengah. Selain dari rumah sakit, ada 3 intansi Unit Donor Darah yang mengirimkan perawatnya untuk mengikuti pelatihan ini agar juga mengerti tentang pemberian pelayanan darah yang aman di rumah sakit yang dilayani langsung dari UDD PMI – nya.

Dr.dr. Yuyun SM Soedarmono, M.Sc selaku Direktur UDD Pusat PMI menyampaikan tujuan umum dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi perawat rumah sakit sehingga di akhir pelatihan mereka mampu melaksanakan kegiatan transfusi darah di rumah sakit yang aman dan sesuai standar. Pelatihan ini terlaksana atas kerjasama antara UDD Pusat PMI dengan PPNI (Perhimpunan Perawat Nasional Indonesia) Pusat sehingga seluruh peserta yang lulus dari pelatihan ini berhak mendapatkan 2 SKP dari PPNI Pusat.

Ibu Diah Hadiati, AMk, peserta dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta yang telah bekerja sebagai perawat selama lebih dari 20 tahun menyatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk diikuti oleh para perawat yang bertugas untuk melaksanakan transfusi darah di RS. Dia menambahkan selama ini belum pernah ada pelatihan yang mengajarkan tentang bagaimana melaksanakan transfusi darah yang aman baik bagi pasien maupun perawat. Menurutnya, para klinisi rumah sakit (khusunya bedah dan kebidanan) juga penting untuk mengikuti pelatihan seperti ini karena mereka berperan sebagai penentu perlu tidaknya tindakan transfusi darah dilakukan.

Semoga kedepannya, PMI dapat memberikan sumbangsih lainnya terkait dengan peningkatan pelayanan kesehatan khususnya dalam penyediaan darah yang aman, berkualitas dan tepat waktu.

Informasi lebih lanjut: Yuli Arinta Dewi,M.Si- KepalaBidang Diklat UDDP PMI, HP. 0813 19 650 187 Email: pmi@pmi.or.id

Sumber : www.pmi.or.id

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Info Anggota


Donasi Palang Merah Indonesia

Donasi Peduli Korban Banjir di Indonesia

1. Bank Mandiri, No rek. 070-00-00116017 an. Palang Merah Indonesia
2. BCA, No rek. 206.300668.8 an. Kantor Pusat PMI
3. BRI, No rek. 0390-01-000030-30-3 an. Palang Merah Indonesia

Donasi Siaga Bencana

1. Bank BCA, KCU Thamrin Jakarta, Nomor Rekening 206.300668.8, atas nama Kantor Pusat PMI. Swift Code: C E N A I D J A

2. Bank Mandiri, KCP JKT Krakatau Steel, Nomor Rekening: 070-00-0011601-7, atas nama Palang Merah Indonesia. Swift Code: B M R I I D J A

3. BRI, KC Pancoran, Jakarta, Nomor Rekening: 0390-01-000030-30-3, atas nama Palang Merah Indonesia. Swift Code: B R I N I D J A


Humas PMI +62.21.7992325
E Mail : pmi@pmi.or.id

Statistik

Flag Counter

Total Tayangan Halaman

- Copyright © KSR-PMI Kota SamarindaPowered by Blogger - ReDesigned by Putu Suriana -